Rabu, 11 Juli 2012

Kue Terang Bulan

Bahan :
1/4 Kg Terigu
1/2 Sdt pernipan
1/2 baking powder
1/4 soda kue
1/2 sdt garam
2 butir telur
100 gr gula pasir
400 cc air (2 gelas belimbing)
mentega untuk mengoles
bahan pelengkap sesuai selera anda, seperti kacang, meses, coklat, keju atau yang lainnya


Cara Membuat Adonan I :
- Terigu, pernipan, baking powder, 50gr gula, 400 cc air, dicampur diaduk menjadi satu sampai dengan rata, ditambahkan 1/2 sdt garam.
- Tutup dengan kain yang lembab, diamkan sampai dengan mengembang


Cara Membuat Adonan II :
- Telur, soda kue, 50 gr gula +/- 2 sdm dikocok sampai dengan rata sampai gula larut
- Masukkan ke dalam adonan 1 yang sudah mengembang
- Ambil cetakan di olesi sedikit mentega


Cara Memasak :
- panaskan cetakan, masukkan -/+ 2 sendok sayur adonan dan taburi sedikit gula, masak dengan api kecil lalu ditutup
-setelah matang angkat, olesi mentega dan berkreasila,.

Setup Makaroni

Bahan :
1/4 kg makaroni
1/4 kg daging ayam
3/4 butir telur
200 cc susu segar atau full cream
150 gram mentega
1/2 butir pala
1/2 sendok teh merica bubuk
10 siung bawang merah
1 bungkus royko atau masako rasa ayam
3 gelas kaldu ayam
500 cc air (3 gelas belimbing)
garam secukupnya
dapat ditambah satu butir bawang bombay

Cara Memasak :
- makaroni direbus sampai agak lunak, lalu tiriskan
- daging ayam direbus sampai lunak
- bawang merah & bawang bombay dipotong dadu, ditumis dengan mentega sampai harum / layu
- masukkan kaldu ayam
- daging ayam dipotong dadu, masukkan
- setelah mendidih, masukkan makaroni dan susu, merica dan pala yang sudah dihaluskan ataupun digeprak
- tambahkan garam secukupnya
- setelah mendidih masukkan telur kocok dan penyedap rasa
- kalau sudah masak, siap disajikan

-/+ 10 porsi

Sabtu, 28 April 2012

Si Merah Merit (Sirup Sari Daun Jati)

Pernah engga sich guys kepikiran tentang daun jati buat bahan makanan atau minuman,.??


Hehehe mesti pada tanda tanya semua yaach mau buat apa daun jati dibuat makanan apa enaknya?? Eiitss jangan salah daun jati bisa kita olah menjadi makanan atau minuman yang bermanfaat hloh guys,.seperti niih cntohnya para kaum hawa pada tau engga sich kalau jamu galian singset (jamu pelangsing) yang sering kalian denger atau bahan kalian konsumsi itu berbahan dasar daun jati muda loooh,. nah looh nah looh pada bengoong kaan kageet kaan hahaha :-P
Ada lagi selain untuk peluruh lemak daun jati muda juga bisa menjadi obat untuk penyakit kolestrol, pereda diare, penyembuh luka, rematik gout dan penyakit kaki gajah.

Cara meramu ; 

1. Penawar penyakit kaki gajah
Sebagian sumber berpendapat, bagian tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kaki gajah adalah bagian kulit kayu sebelah dalam. Namun, ada sumber lain yang menyebutkan bahwa daunnya pun apalagi jika dicampur dengan ramuan lain maka dapat pula dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.
Untuk mengobati kaki gajah, daun yang akan digunakan sebagai ramuan dipilih daun yang segar dan berwarna hijau tua. Daun diambil secukupnya, dikeringkan dengan cara diangin – anginkan, tetapi harus dihindarkan dari cahaya matahari langsung karena dapat mengubah warna daun menjadi cokelat kehitaman. Pengeringan yang tidak benar akan mengurangi khasiat zat aktif yang dikandungnya.
Selanjutnya, daun yang sudah kering digiling sampai menjadi serbuk. Serbuk diambil kira – kira sebanyak 20 gram serbuk, kemudian seduh dengan air panas, disaring, dan air saringannya diminum sehari 2 kali.
Selain itu, untuk menambah efek farmakologi dari ramuan ini, bisa juga dengan cara menambahkan rimpang bangle atau panglai (bahasa Sunda).
Caranya, ambil tujuh lembar daun jati belanda dan sebesar jari rimpang bangle. Bahan – bahan dicuci hingga bersih kemudian direbus dengan satu setengah gelas air hingga tersisa kira – kira satu gelas lagi. Setelah dingin disaring, dan dibagi menjadi 2 untuk diminum pagi dan sore hari.

2. Peluruh kolesterol
Ambil beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya, seperti membuat teh. Saring sebelum diminum. Agar tidak hambar, tambahkan satu sendok madu atau gula batu.

3. Pereda Diare
Daun jati belanda kering digiling untuk dijadikan serbuk. Ambil 20 gr serbuk ini dan seduh dengan air panas. Kemudian saring dan minum dua kali sehari. Jika suka, bisa dicampur kencur dan madu secukupnya.
Catatan: Orang yang bermasalah dengan ginjal sebaiknya menghindari ramuan ini.

4. Pelangsing
Ambil tujuh lembar daun jati belanda segar lalu cuci bersih. Tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak, atau kunir putih. Rebus dengan satu setengah gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunir putih guna mengurangi efek iritasi lambung. Selama mengonsumsi ramuan ini, tetaplah minum banyak air putih

5. Penyembuh luka 
Cara pemakaian daun jati guna menyembuhkan luka yaitu dengan cara menumbuk daun jati kemudian mengoleskan daun jati yang sudah ditumbuk tersebut pada bagian tubuh yang luka secara teratur setiap hari hingga luka tersebut sudah kering dan dinilai sudah sembuh hingga tidak berbekas lagi pada kulit.

Naah diatas itu ramuan-ramuan yang direkomendasikan karena manfaat yang terkandung dalam daun jati muda. Tapi banyak orang-orang yang tidak menggemari ramuan-ramuan racikan itu karena rasanya yang terkenal pahit dan dengan bau yang cukup tidak disenaangi oleh sebagian besar masyarakat. 

Ini niiih awal ceritaku tentang daun jati muda guys,.di salah satu mata kuliahku ada tugas untuk membuat suatu produk yang extra ordinary,. naaa langsung deech tuiiing keingetan zaman kecilku yang suka mainan pasar-pasaran (masak-masakan),.naaah salah satu objek mainanku itu ada daun jati muda yang biasanya aku tumbuk trus aku kasih air dibuat sirup-sirupan ( soalnya niih guys daun jati muda itu kalau ditumbuk bisa jadi kayak pewarna yang merahnyaa waow bangeet hehe) trus pura-pura dijual ke teman-teman pasaran yang laiin,..naah itu deech langsung kepikiran gimana kalo tugasnya buat sirup daru daun jati muda aja yaah,.Na trus langsung terlintas pikiran ''beracun engga yaah,.jangan-jangan ntar para konsumenya pada nyaho' semua abiss minum sirup buatanku ini'' jadi manyuun dech abiss itu,.

Abiss itu langsung dech browsing d mbah google eeh alhamdulillah ketemu,.dan harapanku terwujud jugaa untuk membuat karya agribisnis yang ekstraordinary itu,.malah ada plus-plusnya,.tuuh daun jati ternyata lebih bermanfaat dari yang cuma aku bayangin ajaah,.Setelah itu langsung dech capcus cari daun jatinya,.untung dikampus konservasiku banyak banget pohon jatinya jadii yaaah langsung comat-comot dan langsung esoknya aku eksperimenin dech dirumah bersama konsultanku yang paling handal sedunia IBUku tercintaaa,.Alhasil jadilah sirup daun jati muda dengan rasa yang bisa dinikmati dan khasiat yang tak terkurangi,.asoooyyy aaah,...hehe

naah ini niiih hasil kreasiku,.
Si Merah Merit alias Sirup Sari Daun Jati


Jumat, 27 April 2012

Kerajinan Kain Flanel

Baru-baru ini niih aku jadi hoby banget ngutak ngutek kain flanel jadi bentuk yang imuut imuut,. yaah alhasil di waktu longgarku aku buat dech bros-bros imut buat koleksi pribadi (tidak dijual :-P )..
Maklum baru iseng-iseng and bentuknya yaach masih kya gitu,.(pemula) hehehe
Tapi moga isa nginspirasi temen-temen yaach buat ngisi waktu senggangnyaah,.seru juga hlooh buat kerajinan dari kain flanel gini,.kalok udah jadii wuuuiiih senengnyaaah,.wlopun alakadarnya tapi bisalah buat dipakek and nambah-nambah koleksi,.\(^_^)/
Kayak gini niih contoh-contoh kerajinan kain flanel yang udah aku buat,.semoga isa menginspirasi temen-temen yang mau nyoba yaach :-)

lolipop ^_^

 yellow flower ^_^

Rainbow Butterfly ^_^

Cute Baby Girl ^_^

minnie cikuuuuss ^_^

Apela-pela sweets ^_^
Dark Brown Flower ^_^
Blue Sky Flower ^_^

Snow Pink ^_^

Pita Renda Sweet Pink ^_^
Bross White Kancing Renda ^_^
Sweet Roll Tart ^_^

Sweet Combine Grey Pink Flower ^_^

 Baby Brown Flower ^_^

Greereereenn ^_^

Hot Pink Pita ^_^

Dark Blue Jeans Pita ^_^



Semoga bisa menginspirasi teman-teman buat berkreasi yaach :-)

Wassalamu'alaikum

Salam persahabatan selaluu,. ''Selendang Merah Muda'' ^_^