Selasa, 25 November 2014

Don't Judge a Book by Cover

          Dari sebuah perjalanan singkatku, aku belajar bahwa "secukupnya" bukan hanya tentang mencintai dan membenci, berfikir terlalu baik (memuja) sesuatu ataupun seseorang secara berlebihan maupun berfikir terlalu buruk (judge) juga tidak-lah baik.
         Suatu hari, senin 17 November 2014, sepulang dari kampus meletakkan fotokopian ijazah untuk dilegalisir aku segera pulang, tidak sabar ingin segera sampai rumah speedometer tak terlalu kupedulikan kecepatannya. 
          Sampai di jalan yang sedang diperbaiki ada sedikit tanjakan, kecepatan agak kukurangi, namun yah mmasih tetap, agak kenceng. Tiba-tiba "glodak" map beserta isinya jatuh ditengah jalan raya. Spontan panik. Bodohnya aku bukannya minggir ke kiri malah minggir ke kanan -,- (begitulah kalau panik, udah ngga konsen). 
          Dengan susah payah aku minggir ke kiri, maklum rame bed, untuk ukuran pantura yang lagi padet"nya. Ku parkirkan motorku, lama aku menunggu agak sepi untuk mengambil map-ku yang ditengah jalan, tapi mobil dan motor pada kenceng", rame pula :(   
         Setelah lama menunggu, tiba" tak kusangka sebuah angkot berhenti ditengah jalan, tepat di depan map-ku terjatuh. "ambil mbak" Subhanallah, seorang tukang angkot lah yang menolongku, padahal sedari tadi banyak juga yang lewat tapi tak ada satu-pun yang menolongku. Pertolongan dari arah yang tak pernah aku sangka.
          Tahu-kah guys, sejujurnya aku sangat membenci sopir/kenek angkot ataupun bis. Alesannya simple, mereka suka berhenti mendadak, ke kanan kiri sesuka hati dan pernah menabrak mobil ayahku sampai penyok namun tidak bertanggung jawab. Tapi setelah sekarang ini ku pikir-pikir, bagaimana mereka ngga berhenti mendadak, orang penumpang kan mesti minta turunnya terkadang mendadak, mereka juga mencari penumpang, mencoba mencari nafkah dengan cara yang halal. 
          Aaah aku terlalu negative thinking, tidak semua sopir kenek dan bus itu tidak baik, ada kala nya juga yang baik. Mungkin cara ini adalah cara Tuhan paling ampuh untuk mengingatkanku. "Don't Judge a Book by Cover"