Sabtu, 28 April 2012

Si Merah Merit (Sirup Sari Daun Jati)

Pernah engga sich guys kepikiran tentang daun jati buat bahan makanan atau minuman,.??


Hehehe mesti pada tanda tanya semua yaach mau buat apa daun jati dibuat makanan apa enaknya?? Eiitss jangan salah daun jati bisa kita olah menjadi makanan atau minuman yang bermanfaat hloh guys,.seperti niih cntohnya para kaum hawa pada tau engga sich kalau jamu galian singset (jamu pelangsing) yang sering kalian denger atau bahan kalian konsumsi itu berbahan dasar daun jati muda loooh,. nah looh nah looh pada bengoong kaan kageet kaan hahaha :-P
Ada lagi selain untuk peluruh lemak daun jati muda juga bisa menjadi obat untuk penyakit kolestrol, pereda diare, penyembuh luka, rematik gout dan penyakit kaki gajah.

Cara meramu ; 

1. Penawar penyakit kaki gajah
Sebagian sumber berpendapat, bagian tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kaki gajah adalah bagian kulit kayu sebelah dalam. Namun, ada sumber lain yang menyebutkan bahwa daunnya pun apalagi jika dicampur dengan ramuan lain maka dapat pula dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.
Untuk mengobati kaki gajah, daun yang akan digunakan sebagai ramuan dipilih daun yang segar dan berwarna hijau tua. Daun diambil secukupnya, dikeringkan dengan cara diangin – anginkan, tetapi harus dihindarkan dari cahaya matahari langsung karena dapat mengubah warna daun menjadi cokelat kehitaman. Pengeringan yang tidak benar akan mengurangi khasiat zat aktif yang dikandungnya.
Selanjutnya, daun yang sudah kering digiling sampai menjadi serbuk. Serbuk diambil kira – kira sebanyak 20 gram serbuk, kemudian seduh dengan air panas, disaring, dan air saringannya diminum sehari 2 kali.
Selain itu, untuk menambah efek farmakologi dari ramuan ini, bisa juga dengan cara menambahkan rimpang bangle atau panglai (bahasa Sunda).
Caranya, ambil tujuh lembar daun jati belanda dan sebesar jari rimpang bangle. Bahan – bahan dicuci hingga bersih kemudian direbus dengan satu setengah gelas air hingga tersisa kira – kira satu gelas lagi. Setelah dingin disaring, dan dibagi menjadi 2 untuk diminum pagi dan sore hari.

2. Peluruh kolesterol
Ambil beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya, seperti membuat teh. Saring sebelum diminum. Agar tidak hambar, tambahkan satu sendok madu atau gula batu.

3. Pereda Diare
Daun jati belanda kering digiling untuk dijadikan serbuk. Ambil 20 gr serbuk ini dan seduh dengan air panas. Kemudian saring dan minum dua kali sehari. Jika suka, bisa dicampur kencur dan madu secukupnya.
Catatan: Orang yang bermasalah dengan ginjal sebaiknya menghindari ramuan ini.

4. Pelangsing
Ambil tujuh lembar daun jati belanda segar lalu cuci bersih. Tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak, atau kunir putih. Rebus dengan satu setengah gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunir putih guna mengurangi efek iritasi lambung. Selama mengonsumsi ramuan ini, tetaplah minum banyak air putih

5. Penyembuh luka 
Cara pemakaian daun jati guna menyembuhkan luka yaitu dengan cara menumbuk daun jati kemudian mengoleskan daun jati yang sudah ditumbuk tersebut pada bagian tubuh yang luka secara teratur setiap hari hingga luka tersebut sudah kering dan dinilai sudah sembuh hingga tidak berbekas lagi pada kulit.

Naah diatas itu ramuan-ramuan yang direkomendasikan karena manfaat yang terkandung dalam daun jati muda. Tapi banyak orang-orang yang tidak menggemari ramuan-ramuan racikan itu karena rasanya yang terkenal pahit dan dengan bau yang cukup tidak disenaangi oleh sebagian besar masyarakat. 

Ini niiih awal ceritaku tentang daun jati muda guys,.di salah satu mata kuliahku ada tugas untuk membuat suatu produk yang extra ordinary,. naaa langsung deech tuiiing keingetan zaman kecilku yang suka mainan pasar-pasaran (masak-masakan),.naaah salah satu objek mainanku itu ada daun jati muda yang biasanya aku tumbuk trus aku kasih air dibuat sirup-sirupan ( soalnya niih guys daun jati muda itu kalau ditumbuk bisa jadi kayak pewarna yang merahnyaa waow bangeet hehe) trus pura-pura dijual ke teman-teman pasaran yang laiin,..naah itu deech langsung kepikiran gimana kalo tugasnya buat sirup daru daun jati muda aja yaah,.Na trus langsung terlintas pikiran ''beracun engga yaah,.jangan-jangan ntar para konsumenya pada nyaho' semua abiss minum sirup buatanku ini'' jadi manyuun dech abiss itu,.

Abiss itu langsung dech browsing d mbah google eeh alhamdulillah ketemu,.dan harapanku terwujud jugaa untuk membuat karya agribisnis yang ekstraordinary itu,.malah ada plus-plusnya,.tuuh daun jati ternyata lebih bermanfaat dari yang cuma aku bayangin ajaah,.Setelah itu langsung dech capcus cari daun jatinya,.untung dikampus konservasiku banyak banget pohon jatinya jadii yaaah langsung comat-comot dan langsung esoknya aku eksperimenin dech dirumah bersama konsultanku yang paling handal sedunia IBUku tercintaaa,.Alhasil jadilah sirup daun jati muda dengan rasa yang bisa dinikmati dan khasiat yang tak terkurangi,.asoooyyy aaah,...hehe

naah ini niiih hasil kreasiku,.
Si Merah Merit alias Sirup Sari Daun Jati


1 komentar:

  1. mau nanya kalau getah jati warna merah itu mengandung pigmen apa ya?

    BalasHapus